Kalau memang dari segi pengunjung masih kurang maka solusinya adalah dengan memperbanyak konten berkualitas agar blog atau website anda bisa mendapatkang pengunjung baru yang datang dari search engine.
Tapi terkadang kita sudah update banyak konten artikel, pengunjung sudah mulai naik dan mungkin pengunjungnya sudah setara dengan punya tetangga.
Tapi kok penghasilan adsense tetangga lebih gurih lebih hijau, hehehe.
Setelah diamati teryata perbedaan dan letak masalahnya adalah di CPC (cost per click) dan RKT (rasio klik tayangan) anda lebih kecil.
CPC (cost per click) atau BPK (biaya per klik) iklan adsense sebenarnya ditentukan oleh banyak faktor seperti jenis iklan yang anda pasang, ukuran iklan tersebut, konten dari situs anda, dan masih banyak lagi.
Sedangkan RKT (rasio klik pertayangan) ini juga banyak sekali faktor yang mempengaruhi seperti tema yang digunakan, jenis iklan, ukuran iklan, penempatan, dll.
Nah disini saya akan memberikan sedikit rahasia dari percobaan saya yang selain bisa menaikan cpc juga bisa menaikkan RKT adsense, so secara otomatis penghasilan anda juga akan meningkat dengan jumlah pengunjung yang sama.
Disclaimer terlebih dahulu: tutorial yang saya berika 100% tidak melangggar peraturan dari adsense murni optimasi yang saya coba dan teryata berhasil di blog yang saya kelola. Berhasil atau tidaknya di anda ada banyak faktor lain yang mempengaruhi tapi cara ini boleh anda coba bagi anda yang galau melihat dasbor adsense segitu-gitu aja.
Teori Awal
Sedikit cerita awal mula saya mendapatkan ide ini.
Awalnya tentunya saya yang galau melihat cpc blog saya yang stabil diangka 500 perak dan ditambah lagi RKT dibawah 1%. Tentunya disini ada yang salah dong, terutama RKTnya.
Saya coba cara-cara mainstrem yang ada di internet hasilnya nihil yang ada saya hanya menghabiskan waktu saya.
Lalu saat itu saya mulai berpikir dan mengamati blog saya sendiri.
Setelah saya amati teryata iklan yang muncul hampir semuanya iklan yang dipersonalisasikan.
Contoh: saya sedang mencari tentang celana di shoope maka iklan yang muncul di blog saya waktu membuka adalah iklan celana dari shoope (tidak menyesuaikan konten blog saya) bahkan saya coba masuk melalui pencarian hasilnya tetap sama.
Disini saya ketemu aha momentnya.
Karena menurut penilaian saya pribadi iklan dipersonalisasi berdasarkan apa yang pengunjung buka sebelumnya tidak akan memberikan CPC yang tinggi (jadi yang muncul hanya iklan receh).
Percuma dong sampai ada yang buat blog hpk (high paying keyword) tapi pengunjung masuk dari google pun iklan munculnya berdasarkan personalisasi mereka sebelumnya.
Ibaratnya anda build blog tentang asuransi, kesehatan, software,dan jenis hpk lainnya tetap saja mendapati cpc kecil jika iklan yang muncul iklan celana shoope berdasarkan personalisasi tadi.
Itu penilaian saya dari segi CPC.
Lalu dari segi RKT atau rasio iklan yang personalisasi seperti muncul barang-barang yang kita cari di e-commerce ini juga rasio kliknya lebih kecil (ini penilaian saya pribadi diawal).
Teorinya mereka melihat iklan yang sudah mereka lihat produknya sebelumnya atau mungkin saja sudah mereka beli.
Ibaratnya anda dikasih iklan yang tahu apa isinya.
Anda membuka di website A iklan adsense tentang barang A, anda buka website B iklan adsense tentang barang A, disini ada kecenderungan iklan yang muncul diberbagai website akan sama karena ngambil data dari pengunjung (personalisasi).
So kalau pengunjung sudah buka atau klik iklan A di website A maka kemungkinan untuk mengklik iklan a (iklan yang sama) di website B atau website lainnya jadi kecil.
Disinilah saya berpikir kalau iklan yang muncul akan lebih baik jika berdasarkan teks atau konten yang muncul di website atau blog kita tidak berdasarkan personalisasi data pengunjung.
Jika iklan berdasarkan konten maka setiap konten yang anda buat mempunyai iklan yang berbeda.
Pengunjung akan disuguhkan iklan yang relavan berdasarkan konten yang anda buat.
Kalau anda bahas tentang hosting, pengunjung anda datang di google, dan iklan yang muncul karena berdasarkan konten maka akan muncul iklan hosting & domain.
Pengunjung yang memang sebelumnya ngulik dan ingin tahu tentang tentang hosting tentunya lebih besar kemungkinan mengklik iklan tersebut karena penasaran dengan penawaran yang diberikan.
Dari segi RKT tentunya naik bukan?
Dari segi CPC tidak ada lagi iklan-iklan receh berdasarkan personalisasi semua berdasarkan konten. Anda tinggal mengisi dengan konten-konten yang termasuk dalam high paying keyword.
Berdasarkan teori diatas saya coba praktekan (walau belum lama) tapi hasilnya sudah lumayan dari yang CPC 500an jadi 1700 dari RKT >0,5 jadi 2-3%. Ini tanpa melakukan perubahan tema/tampilan blog atau merubah posisi iklan.
Eksekusi
- Responsive tapi saya atur square bisa 336x280 atau 300x250 saya posisikan center dibawah judul (awal artikel) dan diakhir artikel.
- Responsive tapi saya atur vertikal bisa 300x600 saya posisikan disidebar.
- Iklan dalam artikel.
- Iklan match content (jika tersedia, posisi paling akhir artikel).
- Responsive tapi saya atur square bisa 336x280 atau 300x250 saya posisikan dibawah judul (awal artikel) dan diakhir artikel.
- Responsive tapi saya atur vertikal bisa 300x600 saya posisikan disidebar.
- Auto ads dengan setting pemuatan iklan setengah saja dan semuanya di enable.
- Iklan match content (jika tersedia, posisi paling akhir artikel).
Comments